Sabtu, 02 April 2016

RUMAH MINIMALIS SESUAI KEBUTUHAN

Untuk anda yang baru memulai hidup baru pasti memiliki rumah adalah hal yang paling fundamental. Setelah berkeluarga pastinya anda menginginkan ketenangan dan tempat dimana anda dan keluarga merasa aman. Seperti perkembangan zaman, rumah minimalis biasanya menjadi pilihan utama. Namun, sangat mungkin jika rumah minimalis bisa menguras kantong anda. Di sini anda harus dituntut lihai dalam menata interior. Berikut ini beberapa desain yang di sarankan bagi anda.

1. Rumah minimalis dengan dua kamar utama, sehingga anda dapat tenang jika ada kerabat yang bermalam di rumah anda.
Dua kamar utama
Satu kamar utama dan satu kamar tamu

Walau belum memiliki momongan tak ada salahnya menyiapkan kamar ekstra. Ada kalanya kerabat, keluarga, bahkan teman anda menginap pada acara-acara tertentu. Pastikan juga kamar ini berada di sisi yang lain dari kamar anda dengan dilengkapi kamar mandi dalam. Dengan ruang tengah dan ruang makan menjadi penyekat dengan kamar anda juga dapat menambah privasi anda bagi yang tidak suka diganggu.

2. Manfaatkan bagian depan rumah sebagai ruang makan lengkap dengan dapurnya dan dua kamar di belakang, sehingga privasi anda terjaga.

Kamar tamu terpisah untuk privasi anda
Kamar tamu terpisah untuk privasi anda
Salah satu syarat rumah adalah sebagai privasi pemiliknya. Dimana hanya sang pemilik dapat merasa aman. Anda dapat meletakkan kamar anda di sisi belakang rumah. Lorong untuk menghubungkan bagian depan dan belakang. Di tengah dapat anda manfaatkan untuk ruang penyimpanan dan kamar mandi. Lalu bagian depan ada ruang tamu, jangan lupa dapur dan ruang makan untuk menyiapkan hidangan untuk tamu anda.

3. Lahan yang terbatas tidak dapat membatasi anda untuk berkreasi dengan beranda yang dapat anda gunakan untuk bersantai di pagi atau sore hari.

Rumah minimalis dengan beranda
Rumah minimalis dengan beranda
Rumah minimalis bukan berarti serba minimal (kekurangan), bahkan jika anda mau dengan lahan yang paling minimal sekalipunanda dapat membangun beranda. Bayangkan di tengah hiruk pikuk kota besar anda bisa menikmati suasana santai hari anda. Agar lebih tepat penempatannya, anda bisa memilih sisi tengah rumah dengan sisi yang kanan atau kiri untuk anda gunakan.

4. Tempatkan pantry berdekatan dengan ruang tamu agar rumah terlihat lebih strategis.

Pantry di dekat ruang tamu
Anda menginginkan rumah yang praktis sekaligus penataan yang strategis? Inilah jawabannya. Anda dapat menyajikan suguhan untuk tamu anda secara langsung dan mendapat pujian akan kemampuan memasak anda. Tak ada yang lebih efisien dari pada ini. Dari pintu utama desainlah ruang tamu bentuk memanjang. Agar mendapat ruang lebih, dorong sofa anda agak ke dalam. Maka rumah minimalis anda telah siap.

5. Jadikan diri anda lebih genius dari pada arsitek untuk mengatur tata ruang, lahan sempit jadi terasa luas.

Mengakali rumah agar terlihat lebih luas
Mengakali rumah agar terlihat lebih luas
Saat kebanyakan orang menyukai rumah yang besar, tak berarti tak ada yang melirik rumah kecil. Rumah kecil dapat berubah lebih besar jika anda mengaturnya seperti ini, di depan adalah ruang tamu, di belakangnya ada pantry, di depan samping adalah ruang kerja, dan terakhir satu kamar utama di belakang. Jadilah rumah nyaman yang menanti anda.

6. Buatkan kamar anak sendiri agar ia berani dan mandiri.

Ajari anak mandiri dengan tidur di kamarnya sendiri
Ajari anak mandiri dengan tidur di kamarnya sendiri
Anak memang harus diajarkan untuk mandiri dan berani sejak dini. Salah satunya membuatkan ia kamar sendiri terpisah dari kamar utama. Untuk kamar anak sebaiknya jangan dibuat terlalu luas. Biarkan ia merasa aman dan nyaman di kamar mungilnya karena anak biasanya takut jika sendirian di ruang yang terlalu besar. Di depan kamarnya padat pula jadikan ruang bermainan yang asyik dengan cat berwarna cerah. Namun, tetap awasi si anak lewat kamar utama anda yang menghadap ke ruang tengah. Anda dapat melakukan dua hal sekaligus dengan cara ini.

7. Ruang bersama di tengah dapat menambah rasa kebersamaan di rumah.

Ruang tengah yang menambah keharmonisan
Ruang tengah yang menambah keharmonisan
Ruang yang sering digunakan untuk berbagi seperti ruang makan, ruang tamu, serta pantry dapat berfungsi aporisma jadi efektifnya bila ada di tengah. Karena letaknya ditengah anda sekeluarga dapat memusatkan perhatian anda di tempat-tempat ini. Keluarga anda pun semakin terlihat harmonis. Kamar sebaiknya ada di kanan kiri nya. Dapur dapat ditempatkan di tempat paling belakang. Pojokan rumah yang tersisa pun dapat dijadikan tempat cuci ataupun gudang.

8. Walau belum ada di depan mata, cobalah untuk mencari inspirasi rumah idaman anda mulai sekarang.

Rencanakan rumah minimalis anda mulai sekarang
Rencanakan rumah minimalis anda mulai sekarang
Tata ruang yang baik dan pintar membuat rumah yang anda tempati menjadi tempat peristirahatan yang tiada duanya. Selain inspirasi namun harus disertai kalkulasi. Bagi rumah anda menjadi 3 bagian. Bagian primer adalah ruang tamu serta ruang makan, bagian sekundernya merupakan kamar utama, dan bagian tersier meliputi kamar cadangan, dapur, dan tempat cuci.

9. Siapa bilang ruang tamu harus di depan? Jika ditempatkan di tengah maka akan disebut ramah.


Ruang tamu di tengah menjadikan anda 'ramah'
Ruang tamu di tengah menjadikan anda 'ramah'
Tidak ada keharusan untuk menempatkan ruang tamu di depan. Bahkan ada rumah-rumah unik dengan ruang tamu di lantai dua rumahnya. Untuk penempatan ruang tamu dapat mengambil posisi tengah, gantinya ruang makan dan dapur ada di depan. Hal ini akan menimbulkan kesan bahwa sang pemilik adalah orang yang ramah dan memiliki rasa kekeluargaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar